4 Tips Lantai Vinyl Agar Tidak Kusam

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh lantai vinyl. Anda yang sudah menggunakan lantai ini tentu sudah sangat paham mengenai kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan. Vinyl memiliki beragam pilihan warna dan motif kayu yang menarik. Apabila dipasang di dalam rumah anda maka nantinya akan memberikan kesan ruangan seperti menggunakan lantai kayu sungguhan.

Kelebihan lain yang akan di dapatkan apabila anda menggunakan lantai jenis ini adalah tingkat keawetannya yang cukup tinggi. Lantai ini bisa awet hingga 15 tahun. Selain itu, vinyl juga tahan dengan sinar matahari dan air. Namun meskipun demikian apabila lantai sudah lama dan tidak mendapatkan perawatan yang tepat maka nantinya lantai akan terlihat kusam. Untuk menghindari lantai menjadi kusam maka anda perlu melakukan beberapa hal.

Menghindari lantai menjadi kusam

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar lantai vinyl anda tidak mudah kusam. Berikut ini diantaranya:

         Melakukan pembersihan dengan tepat

Tips pertama yang perlu anda lakukan agar lantai di rumah anda tetap terlihat bersih dan mengkilap adalah dengan melakukan pembersihan yang tepat. Cara untuk membersihkan lantai ini tentu saja tidak jauh berbeda dengan jenis lantai lainnya hanya saja memang harus lebih berhati-hati.

Membersihkan lantai ini sebaiknya dengan menggunakan kain yang halus untuk mengepel. Jangan terlalu banyak menggunakan air dan jangan gunakan cairan pembersih berbahan keras. Anda juga bisa menggunakan sapu dengan bulu yang lembut atau vacum cleaner. Apabila menjumpai kototran, jangan tunda untuk membersihkannya segera.

         Hindarkan dari benda kasar atau yang bisa menggores

Tips kedua yang harus anda lakukan apabila ingin menghindari lantai kusam adalah dengan menghindarkan lantai dari benda-benda yang tajam atau yang dapat menggores lantai. Misalnya saja pisau, pasir, batuan, atau benda lainnya yang bisa merusak permukaan lantai.

         Melakukan coating

Apabila lantai dari vinyl sudah mulai kusam karena dimakan usia namun masih terlihat bagus dan belum ada kerusakan, cara untuk mengatasinya adalah dengan melapisinya kembali. Dengan dilakukan coating yang tepat maka lantai yang kusam akan terlihat kembali berkilau.

         Sediakan keset di setiap ruangan

Tips sederhana lainnya namun memiliki dampak yang cukup besar adalah selalu menyediakan keset di depan pintu masuk. Hal ini membantu ruangan tetap bersih dan terhindar dari kotoran yang terbawa oleh kaki saat dari luar ruangan.

Anda bisa meletakkan keset di setiap pintu masuk ruangan agar nantinya lantai akan tetap bersih. Lantai yang dirawat dna dijaga kebersihannya akan lebih awet. Banyak kerusakanan lantai terjadi akibat lantai tidak terjaga kebersihannya. Apabila anda menemukan kotoran yang ada di lantai maka anda harus segera membersihkannya dengan cara yang tepat.

Untuk menghindari goresan saat membersihkan lantai vinyl, anda bisa memilih metode pembersihan yang sesuai. Sebelum dipel, pastikan lantai sudah disapu. Apabila ada noda kering yang membandel, anda bisa melunakkan noda menggunakan cairan terlebih dahulu baru kemudian di lap menggunakan kain. Jangan pernah gunakan benda tajam untuk membersihkan noda kering yang menempel.

Apabila anda memperhatikan dan mengikuti tips-tips perawatan lantai vinyl yang telah disebutkan diatas maka lantai di rumah akan lebih awet dan tidak mudah kusam. Lantai jenis ini sudah sangat umum digunakan oleh masyarakat modern. Selain memberikan kesan yang mengagumkan, vinyl juga menawarkan banyak kelebihan yang menarik. Perawatan untuk lantai ini tidak sulit. Tips diatas adalah beberapa bentuk perawatan lantai yang mudah dilakukan namun memberi efek yang tidak mengecewakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *