7 Ciri-Ciri Kanker Serviks Yang Harus Anda Kenali Sebelum Terlambat

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang menakutkan bagi kaum wanita dan telah mengakibatkan banyak nyawa melayang. Tidak menjaga kesehatan organ intim dan seringnya berganti-ganti pasangan merupakan salah satu penyebab mengapa seorang wanita bisa terkena penyakit yang mematikan ini. Pada dasarnya, kanker serviks bisa diketahui sejak dini sebelum menyerang lebih parah. Caranya adalah dengan mengetahui secara pasti ciri kanker serviks dan segala penyebabnya. Dengan deteksi dini terhadap kanker serviks, diharapkan Anda bisa segera melakukan pengobatan untuk menyembuhkannya.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Rahim atau Serviks

Kanker serviks atau yang lebih sering dikenal dengan kanker leher rahim, merupakan penyakit yang hanya menyerang kaum hawa. Penyakit ini berasal dari Human Papilloma Virus atau HPV yang menyerang leher rahim pada organ reproduksi wanita. Untuk mengetahui lebih jauh, perhatikan ciri-ciri kanker serviks berikut ini :

  • Mengalami Keputihan yang Tidak Biasa

Keputihan merupakan hal yang normal bagi perempuan terlebih lagi jika ia sedang dalam masa subur. Namun, keputihan yang terlalu berlebihan seperti bau yang menyengat, jumlah yang terlalu banyak, lendirnya hingga berwarna kuning atau kehijauan merupakan salah satu hal yang harus diwaspadai. Segera konsultasikan ke dokter jika mengalami masalah yang seperti ini.

  • Pendarahan yang Tidak Normal

Sebagai seorang wanita yang sudah terbiasa mengalami haid sejak kecil, pastinya Anda paham kuantitas darah haid yang dikeluarkan setiap bulannya. Pada penderita kanker serviks, darah keluar dengan tidak normal. Ada yang terlalu banyak, atau terlalu sedikit. Bahkan, ia akan mengalami pendarahan tanpa sebab saat sedang melakukan hubungan badan. Anda patut curiga jika hal ini terjadi.

  • Rasa Nyeri Saat Berhubungan Intim

Penderita kanker serviks sering kali merasakan nyeri saat berhubungan intim. Jika hal ini sudah terjadi, bisa jadi kanker serviks yang diderita sudah semakin parah.

  • Mudah Lelah yang Berlebihan

Mudah lelah merupakan akibat dari pendarahan yang tidak normal. Sirkulasi darah dalam tubuh Anda mengalami gangguan dan hal ini akan mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah. Meskipun Anda sudah beristirahat dengan cukup, namun rasa lelah seakan tidak mau hilang.

  • Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Intensitas buang air kecil Anda meningkat walaupun Anda tidak minum terlalu banyak air atau sedang berada di ruangan yang dingin? Anda harus curiga. Sel kanker serviks bisa jadi telah menyebar hingga ke kandung kemih. Segera periksakan ke dokter jika Anda mengalami buang air kecil yang terus menerus selama beberapa waktu.

  • Ada Bercak Darah gi Urine

Bercak darah dalam urine bisa berarti banyak hal. Anda kemungkinan bisa terkena kanker serviks, gangguan batu ginjal atau infeksi saluran kemih. Untuk lebih pastinya, Anda harus segera cek ke dokter.

  • Sembelit Atau BAB Tidak Lancar

Pertumbuhan sel kanker di leher rahim dalam hal ini sudah cukup besar hingga membentuk tonjolan. Tonjolan ini menekan usus Anda hingga menyebabkan jadwal BAB menjadi tidak beraturan. Jika BAB terhambat, besar kemungkinannya Anda akan mengalami sembelit.

Itulahciri ciri kanker serviks yang bisa dikenali sejak dini. Sejatinya, semua manusia memiliki bibit sel kanker, hanya saja orang-orang yang sehat dan menjaga tubuhnya tidak memberikan kesempatan bagi sel kanker untuk tumbuh dengan tidak wajar. Oleh sebab itu, hindarilah hal-hal yang bisa menyebabkan sel kanker tumbuh seperti makanan tidak sehat dan pola hidup sembarangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *