Cara Menyusun Menu Catering Bulanan yang Sehat dan Lezat

Cara Menyusun Menu Catering Bulanan yang Sehat dan Lezat

Bagi para ibu rumah tangga, memasak adalah sebuah kewajiban untuk menyenangkan suami dan juga anak- anak. Akan tetapi ada satu masalah yang dihadapi. Bagaimana jika ibu bekerja, apakah ibu bisa memasak setiap hari? Solusinya mudah, ibu bisa pesan catering bulanan yang bisa menyediakan menu satu bulan yang bervariasi.

Catering bulanan akan membantu ibu dalam menyediakan kebutuhan makanan sehat dan beragam dengan harga yang terjangkau. Menu yang diberikan juga bisa sesuai dengan pilihan ibu. Menu masakan yang disukai oleh keluarga anda. jadi dengan catering bulanan, ibu tak perlu repot masaka sebelum pergi bekerja. Dan keluarga anda akan tetap terpenuhi kebutuhan makanan sehari- hari dengan gizi yang seimbang.

Cara Menyusun Menu Catering Bulanan

Berbagai daftar menu di bawah ini bisa anda gunakan sebagai referensi untuk menyusun menu dalam sebulan. Sedangkan saat akhir pekan akan ditambahkan camilan seperti cookies, bolu kukus, atau es campur. Silahkan dilihat daftar menu yang sudah kami jadwalkan untuk Anda dirumah. Susunan ini dapat disesuaikan untuk masing-masing keluarga.

Ada beberapa langkah dalam menyusun menu tersebut.

  1. Peta-kan menu makanan apa saja yang mampu kita olah sendiri di dapur kita.

Kenapa kita harus lakukan ini? Berdasarkan pengalaman pribadiku sih.. Peony tidak  bisa memasak segala jenis masakan ^_^… dan dengan kita tau sajian apa saja yang kita kuasai, akan mempermudah kita saat menyusun menu dan memasaknya..

  1. Susunlah menu untuk minimal 10 hari dan dengan kombinasi karbohidrat, protein hewani dan nabati yang berimbang.

Maksudnya.. 1 sumber karbohidrat dipadukan dengan protein nabati dan hewani. Hindari 1 sumber karbohidrat dipadukan dengan karbohidrat lagi, contoh: nasi putih diberi lauk mie goreng.. nanti jadi over tuh karbohidrat nya..

  1. Sebaiknya susunlah menu dengan kombinasi sajian yang cepat dimasak dengan yang agak rumit, sehingga kita tidak kewalahan saat menyiapkannya. Dan sebaiknya menu yang agak ribet kita siapkan untuk disajikan di akhir pekan jadi ada cukup waktu untuk menyiapkannya.

Misal: sajian pepes tahu (yang agak ribet menyiapkannya) dipadankan dengan sayur asem atau sop sayur (yang praktis menyiapkannya).

  1. Setelah menu disusun, sebaiknya kita diskusikan dengan konsumen masakan kita a.k.a anggota keluarga yang akan makan masakan kita, misal: suami, anak atau orangtua.. tanyakan juga menu apa yang mereka inginkan..
  2. Bila bingung menentukan sajian A akan dipasangkan dengan sajian apa… kita bisa juga mencontoh daftar menu dari iklan katering rumahan yang banyak dibagikan.

Catering ini sangat cocok untuk anda yang sangat sibuk dan tidak mempunyai waktu luang untuk memasak. Catering bulanan hadir untuk membantu anda memenuhi kebutuhan makan anda. Direkomendasikan untuk catering harian rumah tangga.

Langkah Praktis Menu Catering Sebulan

  1. Pilih 2 atau 3 menu setiap kali anda hidangkan.
  2. Anda buat daftar sayur yang sering dimakan, minimal 10 macam
  3. Buat daftar lauk yang biasa kita buat/makan, minimal 10 macam juga
  4. Buat daftar lauk tambahan (jika menu terdiri dari dari 3 macam setiap kali dihidangkan)
  5. Silangkan lauk dengan sayur yang sesuai (seperti : sayur berkuah jangan sampai lauknya juga, sayur yang pedas jangan ketemu lauk yang pedas, sayur bersantan jangan ketemu lauk bersantan).
  6. Jika ada menu yang harus diulang karena kurangnya perbendaharaan resep, temukan dengan pasangan yang berbeda saat pengulangannya (misal : hari ke 1 sayur bayam + ikan goreng + sambal, hari ke 20 sayur bayam + ayam balado).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *