Inilah Manfaat Zakat Bagi Pemberi dan Penerimanya

Menurut surat al baqarah ayat 43 “dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukulah bersama dengan orang-orang yang rukuk”. Dalam penggalan ayat tersebut kita diwajibkan untuk berzakat, yang kewajibannya hampir sama dengan shalat dan puas bulan ramadhan. Menjelang hari raya idul fitri, kita diwajibkan untuk membayar zakat fitrah sesuai dengan ketentuan yang diberikan. Dengan kecanggihan teknologi, sekarang anda bisa melakukan zakat online dengan lebih mudah.

Semua ibadah yang diperintahkan allah swt ke umatnya pasti memiliki tujuan yang jelas. Begitu pula dengan ibadah zakat, yang bisa memberikan kebaikan bagi si pemberi maupun di penerima. Berikut ini beberapa manfaat zakat bagi si pemberi dan penerima yang harus anda ketahui.

Membersihkan Jiwa dan Harta

Setiap harta yang kita punya ada hak milik orang lain. oleh karena itu kita diwajibkan untuk menyisihkan harta ke orang yang membutuhkan. Dengan berzakat kita bisa mensucikan dan membersihkan jiwa harta kita. Kita menjadi orang yang tidak tamak dan mau berbagi. Sehingga hati lebih tentram dan tenang. Sesuai dengan firman allah swt dalam surat at taubah : 103 yang artinya:

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat tersebut engkau membersihkan dan mensucikan mereka” (QS. At-Taubah: 103)

Sarana Untuk Pengendalian Diri

Kita tidak boleh kufur nikmat dan sombong atas harta duniawi yang kita miliki. Karena didalam harta tersebut terdapat hak orang lain yang membutuhkan. Dengan melakukan zakat online, bisa dijadikan sarana untuk mengendalikan diri. Kita bisa lebih mengontrol harta yang dimiliki dan membiasakan hidup sederhana dalam membelanjakan harta yang diberikan allah swt kepada kita. Dibandingkan membelanjakan harta untuk hal tidak penting, lebih baik dizakatkan sehingga bisa membantu orang yang membutuhkan.

Melatih Akhlak Yang Mulia

Dengan berzakat bisa meningkatkan akhlak kita, karena kita selalu bersyukur atas rezeki yang diberikan. Selain itu bisa melihat kondisi orang lain yang membutuhkan. Sehingga anda akan terhindar dari sifat tamak, rakus, kikir dan materialistis. Akhlak kita semakin mulia dan menjadi lebih baik terus menerus.

Melatih Mengelola Uang Dengan Baik

Tidak semua orang bisa mengelola uang dengan baik. entah itu yang memiliki penghasilan besar atau pas-pasan. Dengan berzakat bisa melatih mengelola uang dengan baik. anda bisa menghitung anggaran dengan tepat, setiap bulannya. Berapa persen untuk zakat, untuk kebutuhan sehari-hari dan lainnya. dengan berzakat pun uang anda tidak akan habis, tapi akan dilipat gandakan rejekinya oleh allah swt.

Membantu Orang Yang Membutuhkan

Dengan membayar zakat kita bisa membantu orang yang membutuhkan. Membantu orang lain yang kurang mampu, terutama secara ekonominya. Zakat terdapat aturan pemberian yang jelas. Siapa saja yang berhak mendapat zakat. Tidak seperti infaq online atau sedekah yang bisa diberikan ke siapa saja. ada 8 orang yang berhak mendapat zakat dan zakat harus diberikan ke orang yang tepat.

Sarana Untuk Mencapai Keadilan Sosial

Status ekonomi di masyarakat sering berpotensi menimbulkan kesenjangan sosial. Ada perbedaan yang jauh antara orang miskin dan orang kaya, ini bisa membuat masyarakat terbelah. Dengan zakat, bisa dijadikan sarana mencapai keadilan sosial. Sehingga memotong perbedaan antara si kaya dan si miskin. Dengan zakat, kita bisa membantu program pemerintah untuk pengentasan kemiskinan di masyarakat. Ada banyak sarana prasarana yang terbantu. Seperti rumah sakit, sekolah, panti asuhan, tempat ibadah dan lainnya. karena banyak dana zakat yang diberikan untuk membantu pembangunan tersebut.

Ada banyak sekali manfaat zakat bagi diri sendiri dan juga orang lain. jenis zakat pun banyak sekali dan memiliki hitungan yang berbeda-beda. Ada zakat fitrah, zakat penghasilan, zakat pertanian dan masih banyak lainnya. pastikan untuk menghitung zakat yang benar, sehingga sesuai dengan ajaran allah swt. Selain itu salurkan zakat anda di tempat yang tepat. supaya dana zakat bisa disalurkan ke orang yang tepat.

Sekarang anda bisa melakukan zakat secara online. Tidak perlu datang ke tempatnya langsung, karena semua hal bisa dilakukan secara online. Selain itu dana zakat akan diberikan ke orang yang tepat yang membutuhkan.