Mengetahui Cara Membuat Invoice yang Baik dan Efektif

Mengetahui Cara Membuat Invoice yang Baik dan Efektif

Dalam dunia bisnis tentunya tak terlepas dari bidang akuntasi ataupun keuangan. Ketika berbicara mengenai keuangan ini pun, anda pastinya sudah tak asing lagi dengan istilah invoice. Invoice ini berfungsi sebagai bukti transaksi yang dilakukan oleh pelanggan dan perusahaan anda. Sebagai bukti transaksi, anda akan mendapatkan beragam manfaat apabila menggunakan invoice. Mulai dari bisnis yang terkesan lebih profesional, mendapatkan insight baru, jejak audit yang lengkap dan masih banyak lainnya. Terlebih lagi, cara membuat invoice cukup mudah dilakukan.

Cara Membuat Invoice

Dengan melihat berbagai manfaat yang akan anda dapatkan nantinya dari invoice, pastinya akan terasa sangat sayang jika melewatkannya. Maka dari itu, ada baiknya anda menggunakan invoice. Mengenai bagaimana cara membuatnya, berikut kami bagikan cara membuat invoice selengkapnya untuk anda.

Persiapan

Sebelum membuat invoice, pastikan anda memperhatikan berbagai persiapannya. Dalam persiapan ini, anda harus mengetahui apa saja informasi dasarnya. Adapun informasi yang harus ada di invoice meliputi nama dan informasi perusahaan, logo, nama dan alamat pelanggan, nomor invoice, tanggal, jatuh tempo, jumlah tagihan, informasi barang, pilihan pembayaran, hingga ketentuan pembayaran.

Selain mengetahui informasi dasarnya, anda juga harus menghindari kesalahan umum. Adapun salah satu kesalahan yang biasa dilakukan ialah salah ketik. Sebisa mungkin anda harus menghindari kesalahan ini. Hal ini dikarenakan kesalahan tersebut bisa berakibat fatal, apalagi jika anda salah mengetik soal angkanya. Tak hanya pelanggan, perusahaan anda juga bisa merugi. Selain salah ketik, hindari pula kesalahan seperti desain yang tak profesional dan pemilihan warna maupun font huruf yang tak sesuai dengan bisnis anda.

Langkah Pembuatan

Setelah anda mengetahui apa saja persiapannya, kini saatnya anda beralih ke tahapan pembuatan invoice. Dalam hal ini, kami akan ajak anda untuk membuat invoice dengan Microsoft Excel. Caranya, anda buka Microsoft Excel. Setelah itu, anda klik Office Button. Anda lihat pilihan menu yang ada di bawah Microsoft Office Online. Setelah itu, anda klik Invoice.

Langkah selanjunya, anda klik Sales Invoices dan pilihlah salah satu jenis Invoice Template sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Jika sudah memiliki pilihan, anda bisa klik Download. Selesai didownload, anda bisa langsung melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan invoice anda. Cara yang satu ini dilakukan dengan memanfaatkan Microsoft Excel 2007. Apabila anda memakai Microsoft Excel dengan versi di atas 2007, anda hanya perlu menyesuaikan posisi pilihan download template saja.

Tips Penulisan Invoice

Tips Penulisan Invoice

Dalam membuat invoice, anda memang harus memperhatikan penulisannya. Dengan penulisan invoice yang tepat, tentunya anda bisa mendapatkan pembayaran secara cepat. Adapun tips penulisan invoice diantaranya yaitu:

Penulisan Jangka Waktu Invoice

Dalam menulis jangka waktu invoice, anda bisa mempersingkat waktunya. Apabila anda menginginkan pelanggan bisa membayar dalam jangka waktu dua bulan, maka anda jangan menulis enam puluh hari. Anda bisa menulis jangka waktu invoice dalam empat puluh hari. Dengan begitu, anda bisa terhindar dari kerugian karena pelanggan yang mungkin saja terlambat membayar. Hal ini juga bisa mencegah anda dari terhambatnya dana operasional dan arus kas.

Mudah Dimengerti

Cara membuat invoice yang efektif lainnya ialah dengan memastikan bahwa penulisannya mudah untuk dimengerti. Maka dari itu, pastikan anda memberi informasi secara detail dan jelas. Mulai dari nama barang, ukuran, warna, jenis, bahan, berat dan lain sebagainya. Invoice yang mudah dimengerti memungkinkan proses transaksi bisa berjalan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *