Obat Batuk Pilek Alami Untuk Anak

Batuk pilek yang sedang menyerang anak tentunya akanmembuat bundakhawatir bukan, anak akan mengalami beberapa kondisi yang akan membuat anda sedih melihatnya seperti susah tidur dan susah makan. Untuk dapat mengurangi efek samping dari obat-obatan kimia, bunda bisa mengambil solusi dengan menggunakan obat-obatan alami yang minim akan efek samping.

Obat batuk pilek alami

Berikut ini merupakan beberapa obat batuk pilek alami yang bisa bunda berikan ketika anak sedang terserang batuk pilek:

Susu campur kunyit

Ketika anak batuk anak biasanya akan mengalami tenggorokan kering, hidung meler bahkan sakit tenggorokan.  Unda bisa mengatasinya denganmencampurkan susu dengan kunyit karena unyit memiliki kandungan antioksidan.

Berkumur dengan air garam

Campurkan air hangat dengan beberapa jumput garam, lalu biarkan anak berkumur dengan cairan tersebuthal ini akan membantu meringankan pilek dan sakit tenggorokan.

Madu

Salah satu obat alami untuk anak yang sedang mengalami batuk p[ilek adalah madu. Madu merupakan salah satu yang ampuh dalam mengobati batuk pilek. Madu memiliki kandungan antimicroba yang akan membantu melawan virus penyebab flu. Raasa manis pada madu juga tentunya akan disukai oleh anak-anak serta kandungan manis ini juga akan membantu memproduksi saliva yang akan mengencerkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk menyajikan madu sebagai obat alami untuk anak yang sedang mengalami flu dan batuk adalah dengan mencampurkannya dengan air jahe,  atau dicampurkan dengan jeruk lemon. Keduanya sama-sama efektif dalam mengobati flu dan batuk yang anak bunda derita. Namun hindari memberikan madu pada anak dibawah 1 tahun.

Lemon

Lemon sangat baik dikonsumsi oleh anak yang sedang terserang flu dan batuk karena lemon memiliki kandungan senyawa yang akan meningkatkan kekebalan tubuh ketika melawan sakit dan radikal bebas yang terdapat didalam tubuh.

Bunda bisa mencampurkan perasan lemon dengan madu. Atau bunda juga bisa memberikan lemon secara langsung jika anak bundamenyukainya.

Jahe

Jahe sudah dikenal sejak lama sebagai obat tradisional, jahe dipercaya memiliki kandungan antivirus yang ampuh dalam melawan batuk pilek pada anak. Aroma jahe dan rasanya yang cukup kuat mungkin akan membuat anak tidak menyukainya. Bunda bisa mengatasinya dengan mencampurkan jahe dengan madu. Atau bunda juga bisa memberikan jahe pada anak dalam bentuk wedang jahe, sehingga mungkin anak akan lebih menyukainya.

Bawang putih

Bahan lain yang memiliki khasiat mengobati batuk pilek pada anak adalah bawang putih, bawang putih merupakan salah satu bahan dapur yanag efektif mengobati batuk pilek. Bau dari bawang putih sangatlah kuat sehingga pasti anak tidak mau mengonsumsinya. Bunda sebaiknya mencampurkan jus bawang putih dengan madu untuk membuat rasanya tidak lebih tajam.

Atau bunda juga bisa mengatasinya denganmembuat ramuan bawang putih bakar  dan minyak kemudian dipijatkan ke bagian leher dan dada anak. Cara seperti ini juga efekstif untuk meringankan batuk pada anak.

Sup ayam

Semangkuk sup ayam sudah diteliti bahwa mampu bermanfaat sebagai anti peradangan, dan mampu meredakan gejala pilek , radang tenggorokan serta batuk. Gunakan beberapa bumbu rempah didalam sup tersebut dan sajikan ketika anak sedang sakit. Anak-anak pasti akan sangat menyukai rasa dari sup ayam ini, sehingga bisa menjadi alterfnatif ketika anak susah mengonsumsi obat-obatan alami lain yang memiliki rasa tajam dan bau menyengat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *