Penyebab dan Penanggulangan Karies Gigi Pada Anak

Penyebab dan Penanggulangan Karies Gigi Pada Anak

Masalah kesehatan itu mencakup seluruh anggota bagian tubuh. Tak terkecuali bagian mulut. Kesehatan mulut adalah hal yang penting untuk kesehatan secara umum serta kualitas hidup. Salah satu kesehatan mulut termasuk di dalamnya adalah kesehatan gigi. Khususnya dalam perkembangan ank, kesehatan gigi menjadi hal penting. Salah satu masalah kesehatan gigi dengan prevalensi tinggi pada andak adalah karies gigi pada anak.

Alangkah lebih baiknya jika sejak dini orang tua telah membiasakan anak untuk bisa disiplin dalam membersihkan gigi mereka. Di sekitar kita sering kita jumpai anak- anak dengan masalah gigi yang sudah rusak, gusi berdarah, hitam- hitam, gigi berlubang grapis abanyak yang tertimbun plak atau malah sudah tangggal. Karies pada gigi anak sebenarnya bisa dicegah sejak awal.

Penyebab Karies Gigi Yang Dialami Anak- Anak

Yang menjadi penyebab munculnya karies gigi pada anak usia balita dan juga perawatannya yang kami sampaikan berikut ini, semoga dapat membantu anda mengatasi masalah gigi sang buah hati.

Pemakaian botol susu terlalu lama

Penggunaan botol susu yang sudah terlalau lama juga menjadi salah satu pemicu terjadinya karies gigi pada balita anda. Botol susu yang tidak di bersihkan dengan benar mengundang bakteri yang akan berkembang biak di dalam mulut. Selain itu pemakaian botol susu yang terlalu lama juga akan merusak gigi susu.

Tertular dari orang dewasa

Penularan atau transmisi bakteri dapat terjadi dari kontak langsung antara mulut ibu, pengasuh atau orang dewasa yang memiliki karies gigi yang belum dirawat atau di tambal melalui kontak langsung dengan mulut bayi, dot, maupun alat makan – minum bayi.

Tidur sambil mengkonsumsi minuman nutrisi

Salah satu penyebab karies pada gigi balita adalah tidur sambil mengkonsumsi minuman nutrisi seperti susu, jus, dsb. Karies ini sering di sebut Karies Susu Botol atau Nursing Bottle Caries. Gigi yang terendam oleh susu adalah tempat yang ideal untuk bakteri gigi berkembang biak dan merubahnya menjadi asam, asam tersebut dapat melarutkan mineral – mineral email gigi. Oleh sebab itu gigi menjadi keropos, berlubang, hitam – hitam, penyakit gusi (gingivitis), bahkan terjadi infeksi yang menyebabkab sakit gigi.

Malas membersihkan gigi dan mulut

Disaat anak sudah merasa malas menggosok gigi juga menjadi penyebab terjadinya karies gigi pada balita anda. Hal ini karena sisa – sisa makanan yang menempel pada gigi akan menjadi makanan bagi bakteri gigi atau ulat penyebab gigi berlubang. Dalam hal ini, peran orang tua sangatlah penting. Orang tualah yang harus melakukan pembersihan gigi pada bayi yang belum bisa melakukannya sendiri, kemudian setelah mereka beranjak besar, orang tua seharusnya mengajari dan membiasakan anak – anak untuk menggosok gigi mereka sendiri yang tentu saja dalam pengawasan orang tua.

Perawatan Gigi Anak Agar Terhindar Dari Karies

  • Gosok gigi dua kali sehari
  • Mengganti makanan manis dengan buah
  • Menghindari tertidur saat makan, minum
  • Mengganti botol susu dengan gelas (baby cup)
  • Rutin mengunjungi dokter gigi

Tidak kalah pentingnya adalah menjaga kebersihan gigi sulung yang sudah tumbuh tersebut sehingga dapat bertahan lama hingga waktu tanggalnya tiba. Pencegahan karies gigi pada anak-anak harus dilakukan secepatnya ketika gigi sulung telah tumbuh/ erupsi. Dengan semakin dini kita melakukan perawatan pada gigi anak maka akan semakin kecil pula kemungkinan gigi anak kita akan terdapat karies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *