Perhatikan! 8 Penyebab Botak

Rambut yang sehat menjadi idaman setiap orang, terlebih lagi bagi wanita, di mana rambut merupakan mahkota bagi wanita. Setiap orang pasti menginginkan rambut yang sehat, hitam, dan kuat. Akan tetapi permasalahan utama yang sering dihadapi dalam kesehatan rambut adalah kerontokan. Rambut sangat mudah mengalami kerontokan sehingga pada akhirnya apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kebotakan. Lantas apa saja penyebab botak?

Kerontokan rambut dapat dialami oleh wanita maupun pria pada berbagai usia. Kerontokan rambut pada akhirnya dapat menyebabkan kebotakan sebagian maupun keseluruhan.

Perhatikan! 8 Penyebab Botak

Delapan Penyebab Botak atau Kerontokan Rambut

Kebotakan atau kerontokan rambut dapat disebabkan oleh berbagai faktor di antaranya sebagai berikut:

Keturunan

Hal yang paling mendasar menjadi penyebab kerontokan rambut adalah faktor keturunan. Hal ini kaitannya dengan gen hormonal yang mengatur mengenai rambut seseorang. Apabila hormon yang diturunkan dari kedua orang tuanya sama, maka keadaan rambut yang mudah rontok juga akan dialami oleh anak.

Faktor Usia

Usia juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya kerontokan dan kebotakan. Hal ini kaitannya dengan perubahan hormon, di mana pada usia tua maka hormon dapat berkurang sehingga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Perubahan Hormon

Hormon merupakan senyawa yang diproduksi dalam tubuh yang digunakan untuk merangsang kerja sistem atau metabolisme dalam tubuh. Salah satu yang dipengaruhi hormon adalah produksi rambut, di mana hormon akan mempengaruhi baik atau buruknya pertumbuhan rambut. Apabila hormon yang ada dalam rambut telah sesuai dengan pertumbuhan rambut, maka kesuburan rambut akan terjaga. Namun, apabila hormon dalam rambut tidak sesuai, maka akan menyebabkan kerontokan dan akhirnya menimbulkan kebotakan. Hal ini bisa dialami oleh siapa saja, sehingga perubahan hormon dapat menyebabkan kebotakan atau kerontokan rambut pada usia dini.

Demam

Demam dapat menyebabkan rambut menjadi mudah rontok dan tidak berdaya. Kulit kepala akan mengalami gangguan ketika tubuh merasakan demam atau panas yang tinggi. Gangguan pada kulit kepala pada saat demam ini dapat menjadikan kulit kepala tidak sehat, begitu pula pada kesehatan rambut. Karena adanya kulit kepala yang tidak sehat atau tidak normal, maka rambut akan mudah rontok. Apabila hal ini terjadi pada orang yang masih berusia muda, maka akan terjadi pula kebotakan di usia muda.

Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit  akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut yang produksinya berada di dalam lapisan kulit. Kesehatan kulit ada kaitannya dengan asupan makanan, sehingga untuk menjaga kesehatan kulit diperlukan asupan makanan yang sehat, bergizi dan mengandung nutrisi-nutrisi yang baik untuk produksi protein dalam tubuh.

Adanya penyakit dalam tubuh

Kerontokan rambut juga dapat menjadi indikasi adanya penyakit yang sedang menyerang tubuh kita. Salah satu penyakit dengan gejala kerontokan rambut adalah diabetes, serta kanker. Pada penderita penyakit kronis, kerontokan akan semakin parah dan akhirnya menyebabkan kebotakan.

Kelebihan Konsumsi Vitamin A

Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan kerontokan dan kebotakan. Dengan banyaknya kandungan vitamin A dalam tubuh, maka pertumbuhan rambut akan terhambat. Jadi lebih baik dalam mengonsumsi semua jenis makanan, harus kita seimbangkan dengan kebutuhan, jangan sampai kekurangan maupun kelebihan.

Penggunaan Shampo yang Berlebih

Penggunaan sampo memang sangat penting bagi kebersihan dan kesehatan rambut dan kulit kepala. Akan  tetapi, penggunaan sampo secara terus-menerus dan secara berlebih dapat menyebabkan rusaknya keratin rambut yang akhirnya menyebabkan rambut mudah patah dan mudah rontok. Karena kerontokan inilah yang nantinya dapat menyebabkan kebotakan. Selain itu, apabila tidak segera ditangani, maka kulit kepala akan gagal dalam menumbuhkan kembali rambut yang rontok, sehingga kebotakan akan terjadi.

Penyebab botak di antaranya adalah karena kebiasaan buruk kita sehari-hari, seperti tidak pernah keramas, tidak menjaga asupan makanan, terlalu sering menggunakan shampoo, dan sebagainya. Jadi sebaiknya kita selalu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut dengan memperbaiki pola perilaku kita sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *