Perkembangan Tren Sistem Pembayaran Digital Payment Indonesia

Perkembangan Tren Sistem Pembayaran Digital Payment Indonesia

Digital payment memungkinkan anda untuk melakukan pembayaran secara non tunai. Indonesia pun menjadi salah satu negara di dunia yang menerapkan digital payment ini. Tak mengherankan karena digital payment Indonesia menawarkan beragam keuntungan. Penggunaan digital payment terbukti lebih mudah, praktis, transaksi dijamin aman, nyaman, dan masih banyak lainnya. Dengan beragam keuntungan tersebut, digital payment di Indonesia kian mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Saat ini digital payment yang digunakan di Indonesia itu sendiri meliputi e-money, e-wallet dan masih banyak lainnya. Kehadiran digital payment terbukti memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran. Bahkan diketahui bahwa uang elektronik dinilai sangat membantu dalam mengendalikan pengeluaran. Penggunanya pun mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana perkembangan digital payment yang ada di Indonesia, ada baiknya anda simak ulasan yang kami bagikan berikut ini.

Perkembangan Digital Payment Indonesia

Era perkembangan digital payment di Indonesia dimulai dari penerbitan payment cards. Kartu pembayaran yang satu ini dibuat dengan bentuk seperti kartu kredit. Payment card ini berfungsi sebagai alat pembayaran. Sejak tahun 1980-an, payment cards ini sudah populer dengan tujuan pembuatan untuk menggantikan pembayaran secara tunai. Popularitas payment cards ini dikarenakan terbukti praktis dan mudah dilakukan. Dengan payment cards, masyarakat tak perlu membawa uang dalam jumlah banyak kemana saja.

Kesan praktis ini akan semakin terasa apabila anda ingin pergi ke luar negeri. Hal ini dikarenakan anda bisa bertransaksi secara mudah dan efisien. Selain itu, anda juga akan merasa diuntungkan karena berkesempatan untuk mendapatkan diskon yang gencar ditawarkan pihak perbankan. Tak hanya itu, payment cards juga memiliki beragam fitur yang tentu saja membuat anda semakin beruntung saat memanfaatkannya. Seperti yang dilansir pada https://www.prismalink.co.id/payment-gateway, penggunaan payment cards kian mengalami perkembangan sampai tahun ini dengan jumlah transaksi di atas angka triliunan.

Digital Payment Masa Kini

Setelah payment cards, perkembangan digital payment Indonesia di masa sekarang telah beralih ke m-banking dan e-banking. Hadirnya sistem pembayaran dengan m-banking dan e-banking saat ini kian diminati oleh masyarakat di Indonesia. Terlebih bagi masyarakat yang hobi belanja secara online melalui situs e-commerce. Hal ini dikarenakan m-banking dan e-banking memang memudahkan pembayaran secara online yang hemat waktu dan tenaga. Dalam kemajuannya, e-banking terbukti lebih banyak digunakan dan disusul m-banking. 

Perlu diketahui, penggunaan payment cards pun juga perubahan menjadi e-money. Dengan e-money, nilai uang elektronik akan disimpan dengan basis chip atau server. Untuk e-money dengan basis chip umumnya hadir dalam bentuk kartu yang diperkenalkan oleh bank. Misalnya saja, TapCash BNI, Brizzi BRI, Flazz BCA, E-Money Mandiri, dan lain sebagainya. Sementara ­e-money yang berbasis server atau yang juga dikenal dengan sebutan e-wallet misalnya TCash Telkomsel, Paypro Indosat Ooredoo, DOKU, Go-Pay Go-Jek, dan masih banyak lainnya.

Digital Payment Masa Depan

Istilah mata uang digital dan cryptocurrency sudah berkembang di negara lain. Hanya saja, kedua hal tersebut masih asing di Indonesia karena belum terlalu populer seperti kartu pembayaran. Meski begitu, cryptocurrency dianggap akan menjadi digital payment Indonesia yang populer di masa mendatang. Dalam perkembangannya, sebenarnya sudah ada beberapa jenis cryptocurrency yang beredar di Indonesia. Sebut saja Bitcoin, Ripple, dan Etherium. Dari beberapa jenis mata uang cryptocurrency tersebut, Bitcoin yang paling banyak diminati masyarakat. Terlebih lagi, Bitcoin memiliki nilai tukar yang kian mengalami peningkatan sehingga mampu menguntungkan penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *