Senam Ibu Hamil yang Bisa Memperlancar Persalinan

Senam Ibu Hamil yang Bisa Memperlancar Persalinan

Sebenarnya peran utama dari senam ibu hamil adalah untuk membantu dalam mempersiapkan tubuh untuk dapat melalui proses persalinan. Selain itu, senam hamil juga dapat membantu dalam meningkatkan energi juga mengatasi berbagai macam keluhan ketika hamil juga untuk membantu anda bisa tidur lebih baik.

Saat anda sedang hamil memang dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah dan menjadikan anda ingin berbaring dan bersantai saja di sofa. Tetapi jika pada masa hamil anda tak bergerak secara aktif justru malah akan menjadikan tubuh tidak bugar dan dapat mempersulit proses persalinan. Sehingga dengan olahraga secara teratur akan bisa meningkatkan kekuatan dari otot tubuh saat menjelang persalinan.

Manfaat Melakukan Senam Hamil

Dasa salah satu olahraga yang aman untuk dilakukan oleh ibu hamil yaitu senam hamil. tujuan dari senam hamil ini adalah untuk menjaga kebugaran ibu hamil. Sementara itu juga bisa mempersiapkan persalinan. Dokterpun juga akan menyarankan senam hamil jika anda merasa nyaman untuk melakukannya serta tak bertentangan dengan kondisi anda.

Manfaat saat anda melakukan senam hamil dengan teratur, diantaranya:

  • Meredakan sakit, nyeri dan juga ketidaknyamanan yang dirasakan ketika dalam masa kehamilan.
  • Memperkuat jantung dan paru.
  • Mengencangkan otot.
  • Membuat tidur lebih nyenyak.
  • Membantu menghindari pertambahan berat badan secara berlebihan.
  • Meringankan nyeri akibat pertambahan beban pada tulang belakang.
  • Memperkuat sendi.
  • Mempersiapkan diri untuk persalinan.

Melakukan senam hamil sendiri secara psikologis membuat Anda akan berpikir lebih positif sebab akan lebih siap untuk menghadapi persalinan. Disamping itu, setelah bayi lahir, senam hamil juga membantu Anda segera dapat kembali ke bentuk badan dan stamina semula.

Gerakan Senam Hamil Yang Bisa Dilakukan

Di bawah ini terdapat gerakan senam hamil yang aman untuk sang bayi dan bisa dilakukan dengan mudah.

  1. Senam Kegel

Ini adalah gerakan olahraga yang mudah dan dapat dilakukan dimanapun tempatnya. Anda tinggal kontraksikan otot sekitar saluran kencing serta vagina dengan menggunakan gerakan menahan kencing. Tahan antara 3 sampai 10 detik. Ini bisa anda lakukan hingga 10 kali setiap hari. Ketika anda sedang duduk atau anda sedang berdiri. Ini akan menguatkan otot dan juga mempermudah persalinan. Selain itu juga untuk melatih otot sekitar kandung kemih, uretra dan juga rahim.

  1. Yoga Kupu- Kupu

Ini bisa dilakukan untuk melatih otot paha serta untuk mengurangi resiko sakit punggung yang dialami ibu hamil. Untuk melakukannya juga sangat mudah. Anda bisa memulainya dengan posisi bersila dengan punggung tegak, Temukan dua telapak kaki depan kemudian dorong lutut sampai menyentuh lantai. Tahanlah posisi selama 10 sampai 20 detik. Anda dapat mengulanginya selama beberapa kali.

  1. Senam Hamil Angkat Panggul

Gerakan senam dengan mengangkat panggul ke posisi atas akan bermanfaat dalam mengencangkan otot perut dan memberikan rasa yang rileks saat persiapan proses persalinan. Cara yang bisa anda lakukan adalah:

  • Berbaring telentang dan tekuk kedua lutut.
  • Ambil nafas melalui hidung sambil anda kencangkan otot perut juga bokong.
  • Sebaiknya pastikan agar punggung rata dengan lantai ataupun matras.
  • Angkat panggul ke atas dan tahan selama 5 tarikan nafas.Kembali ke posisi awal secara perlahan.

Demikianlah penjelasan dan informasi mengenai senam ibu hamil yang di sarankan dan bisa dilakukan karena aman untuk ibu dan bayi di dalam kandungan. Selain terpercaya, saat anda senam hamil bersama dengan ibu hamil yang lain bisa menjadikan Anda merasa lebih nyaman sebab merasa tidak sendiri dan bisa bertukar pikiran seputar masa kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *